Jumat, 01 April 2011

---Aerobik Mampu Jaga Kualitas Otak

Kemampuan otak orang yang aktif masih lebih baik dibandingkan yang kurang begitu aktif.

VIVAnews – Anda sangat beruntung bila punya hobi aerobik, terutama Anda yang sudah usia lanjut. Karena, menurut penelitian terbaru University of North Carolina di Chapel Hill School of Medicine, aktivitas ini dapat membantu menjaga kemampuan terbaik dari otak.

Penelitian yang dipimpin oleh Elizabeth Bullitt, MD ini membuktikan bahwa orang tua yang aktif secara fisik akan memiliki pembuluh darah otak yang jauh lebih sehat dibandingkan orang seusianya yang kurang aktif.
Seperti dikutip dari laman Times Of India, studi ini menggunakan resonansi magnetik non-invasif (MR) angiografi untuk memeriksa jumlah dan bentuk pembuluh darah di otak orang lanjut usia. Mereka terdiri dari 7 pria dan 7 wanita yang usianya mulai dari 60 tahun sampai 80 tahun.

Subyek penelitian dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok yang memiliki aktivitas tinggi, yakni mereka yang ikut kegiatan aerobik selama minimal 180 menit per minggu selama 10 tahun terakhir berturut-turut. Kemudian kelompok yang aktivitasnya lebih rendah, yakni mereka yang selama ini tidak memiliki sejarah olahraga teratur atau hanya menghabiskan kurang dari 90 menit sepekan untuk aktivitas fisik.

Para peneliti yang disponsori oleh National Institutes of Health National Institute of Biomedical Imaging and Bioengineering kemudian mencatat perbedaan yang signifikan. Kemampuan otak orang yang aktif masih lebih baik dibandingkan yang kurang begitu aktif. (hs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar