Senin, 28 Maret 2011

jaring laba-laba berusia 140 tahun ditemukan

Sejumlah ahli paleontologi asal University of Oxford menemukan fosil jaring laba-laba yang diperkirakan berusia sekira 140 juta tahun.

Menurut Martin Brasier, ahli paleontologi University of Oxford yang memimpin penelitian tersebut, jaring laba-laba yang diklaim tertua itu, ditemukan di Sussex, Inggris. Usia tersebut didasarkan pada penelitian terhadap getah damar yang menggenangi jaring laba-laba tersebut.

Seperti dilansir Softpedia, Minggu (1/11/2009), peneliti juga menemukan potongan tanaman, kotoran serangga dan mikroba kuno pada fosil pohon yang sama dengan ditemukannya jaring laba-laba.

Penemuan jaring laba-laba tertua terakhir kali terjadi pada tahun 2006. Ketika itu, jaring laba-laba diperkirakan berusia 136 juta tahun.

Selain itu, berdasarkan analisis jaring para ahli paleontologi juga mengungkapkan makanan laba-laba beratus tahun yang lalu. "Saya menebak, dari bentuk jaring laba-laba memakan serangga terbang seperti lalat,dan tawon," kata Brasier.

Penelitian untuk merekonstruksi jaring laba-laba, para peneliti menggunakan teknik komputer yang disebut confocal microscopy. Teknik ini akan memeriksa jalinan 'benang' pada jaring laba laba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar