Sabtu, 02 April 2011

---Penduduk India 1,21 Miliar Jiwa

Metrotvnews.com, New Delhi: Penduduk India mencapai 1,21miliar jiwa pada awal 2011. Jumlah tersebut bertambah 181 juta jiwa dalam sepuluh tahun terakhir.

Angka 1,21 miliar jiwa ternyata lebih besar ketimbang gabungan penduduk Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, Pakistan, dan Bangladesh.

India diramalkan mengambil posisi China sebagai negara berpenduduk terbesar di dunia dalam waktu 20 tahun, demikian dilansir BBC, Kamis (31/3).

Dalam sensus terbaru sekitar 2,5 juta petugas mendatangi rumah di seluruh India. Yaitu tersebar di sekitar 7.000 kota kecil dan 600.000 desa. Sensus setiap sepuluh tahun melahirkan tantangan besar bagi India. Setidaknya akibat luasnya wilayah dan keragaman budaya.

Petugas sensus harus menghadapi banyak warga buta huruf dan jutaan tunawisma. Mereka dihadapkan dengan pemberontak Maois dan pemberontak lain. Kubu itu bikin beberapa bagian wilayah India tidak aman.

Meski jumlah penduduk India mengalami kenaikan yang kurang lebih setara Pakistan, laju pertumbuhan tercatat paling lamban dalam masa hampir satu abad. Sensus menyebutkan jumlah warga buta huruf juga merosot.

Komisioner Sensus C. Chandramouli mengatakan rasio bocah perempuan terhadap bocah laki-laki kembali menurun. Kondisi itu merisaukan.

Menurut Chandramouli, temuan memperlihatkan kebijakan-kebijakan sosial yang dijalankan beberapa dekade terakhir. Termasuk upaya menekan kasus pembunuhan bayi perempuan tidak mendatangkan hasil. (go4/*****)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar