Rabu, 23 Maret 2011

Manusia "Hobbit" Muncul di Polewali





Muis terlahir dengan tubuh mini (Foto: Huzair/Sun TV)

POLEWALI MANDAR- Hobbit atau manusia bertubuh mini ternyata tidak hanya ada dalam dongen, namun hal itu benar ada dan kenyataan. Kehidupan yang dijalani manusia mini ini sangat memprihatinkan, pasalnya dia hidup dengan kondisi cacat.

Remaja berusia 15 tahun, warga Dusun Pussui, Desa Simwali- Wali,Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, itu tak ubahnya anak balita. Selain ukuran tubuh, berat badan yang remaja bernama Muis terbilang aneh.

Anak pertama dari pasangan Kaco dan Kuriah lahir pada 1996 silam di pegunungan Pussui. Dia memiliki ukuran tubuh sepanjang 84 sentimeter, ukuran ini berbeda jika dibanding dengan remaja lain yang pada umumnya mancapai 150 sentimeter.

Selain tinggi badan, berat tubuh Muis juga tak beda jauh dengan anak balita berusia 2 tahun yakni hanya 8 kilogram saja. Dengan kondisi seperti itu, Muis tak dapat melakukan aktivitas layaknya anak remaja pada umumnya.

Muis yang dilahirkan dari keluarga petani dengan kondisi bibir sumbing, sehari-harinya hanya dapat berbaring dan duduk,sembari bermain bersama ketiga adiknya. Budi (10), Munu (8), dan Larasati (2) karena remaja mini tersebut tak dapat berjalan.

Menurut keterangan orangtua Muis, Kaco dan Kuriah, kelainan genetik yang dialami anaknya mulai nampak saat berusia 3 tahun. Saat itu tubuh Muis tidak dapat tumbuh dan membesar hingga sekarang.

Yang memprihatinkan lagi, hingga kini keluarga belum pernah sekalipun membawa Muis ke dokter untuk memeriksa kondisi kesehatan yang dialamai remaja malang ini.

Mereka beralasan selain jarak yang sangat jauh dari pusat kota, biaya yang tak mencukupi alasan bagi mereka pasrah akan kondisi dan nasib Muis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar