Minggu, 03 April 2011

Kapal kuno itu kemungkinan adalah salah satu kapal perang tentara Romawi



VIVAnews - Percaya tak percaya. Sebuah kapal laut yang diperkirakan berusia 3.500 tahun ditemukan di dasar Laut Hitam, laut dalam yang terletak di antara Eropa Tenggara dan Asia Kecil.

Meski tak nampak utuh, namun dari video yang dilansir National Geographic, kapal Romawi itu kelihatan kuat dan kokoh. Kapal itu ditemukan sejumlah arkeolog Robert Ballard beserta timnya yang secara tidak sengaja  di dasar Laut Hitam.

Dari kajian fisik dan arsitektur kapal tersebut, Robert dan beberapa rekannya menyimpulkan bahwa kapal tersebut dulunya dipakai serdadu Romawi untuk berperang.

"Ini sangat menakjubkan. Meski budget kami minim, dengan teknologi yang kami punya, kami akan mengangkat kapal tersebut ke permukaan dan mengeksplorasi isi dan kandungannya secara lebih mendalam dan detail," kata Ballard, yang dikutip National Geographic, Jumat 1 Oktober 2010.


Laut Hitam memang menyimpan banyak misteri. Inilah yang memikat  ilmuwan di dunia, terutama arkeolog. Sebelumnya, ilmuwan Inggris juga menemukan sebuah sungai raksasa di dasar laut yang sama. Bahkan, katanya sungai itu layak dinobatkan sebagai sungai terbesar keenam di dunia.

Laut Hitam terbentuk karena masukan air laut melalui Bosporus sekitar 200km kubik tiap tahunnya. Masukan air tawar itu berasal dari wilayah sekitar, terutama Eropa Tengah dan Timur-Tengah, dengan jumlah total 320km kubik per tahun. Laut ini memiliki wilayah 422.000 km persegi dan kedalaman maksimum 2.210 m.

Adapun negara-negara yang berbatasan dengan Laut Hitam adalah Turki, Bulgaria, Romania, Ukraina, Rusia, dan Georgia.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar